Maklum Masih Baru

Jadi dokter internship (magang) itu kadang bikin bingung harus bersikap. Di mata perawat dan bidan dianggap sudah dianggap sebagai dokter yang setiap diagnosis dan pengobatannya diamini. Perawat dan Bidan pun menganggap kami yang barusan lulus ini seperti kue nastar yang masih fresh from the oven, yang segala memori tentang teori kedokteran masih bersemayam di otak kanan dan kiri. Tapi, di mata dokter senior, kami masih dianggap seperti dek koas yang sudah dapat ijasah dan Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR). Jadi semuanya masih di bawah supervisi dan sedikit-sedikit lapor, karena beliau-beliaulah yang bertanggungjawab atas pasien yang kami tangani.

Kebimbangan penempatan posisi ini sering (saya pribadi) terbawa pulang selepas jaga. Masih terngiang dengan semua pasien yang datang berobat; diagnosisnya bener ngga ya? Ya ampun harusnya kan ranitidin 2×1 kenapa cuma aku resepin 1×1 sih! Hm, bener kok tadi si ibu itu aku rujuk, tapi kenapa mbak perawatnya kaya kesel gitu sih aku ngerujuk pasien!? Dst.

Perawat dan Bidan senior yang sudah merasakan pahit dan kecutnya kehidupan di lapangan mungkin sering juga heran dengan dokter internship yang sedikit-sedikit kasih obat, atau baru posyandu tapi meriksanya head to toe sampai peserta yandu pulang satu per satu, atau masih idealis visite pasien rawat inap dan minta semua yang mengiringi ikut cuci tangan pakai alkohol.

Ya, adaptasi memang tidak mudah. Internship memang ditujukan untuk melatih kami membiasakan diri di lingkungan kerja dengan segala intrik dan politiknya. Tapi kalau boleh jujur bersuara, embel-embel internship ini membuat kepercayaan diri (saya pribadi) berkurang. Ada “zona nyaman” yang terkandung dalam kata “dokter internship”. Kasarnya, dokter baru yang masih berlindung di ketiak guru-gurunya. Niatan IDI dan KIDI baik, itu pasti. Saya hanya ingin menuangkan kebingungan dan kesulitan saya untuk bisa mengikuti tempo dan segala “belak-belok”nya jalanan di lapangan. Sekian.

Maklum masih baru, snellinya masih bau buku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s