Bersyukur Karena Masih Ada Umur

Di laptop menunjukkan sekarang Hari Sabtu, jam 00:26:27 WIB, berarti udah ganti hari dan udah ganti bulan (Hi, Oct!). Jam 06.30 udah di RSS untuk otopsi, dan jam 23.45 tadi baru sampai rumah.

Kemarin pagi (Jumat) aku mimpi baru melakukan otopsi jenazah, dan yang kelihatan jelas itu aku mengiris paru-paru (yang berarti bahwa melakukan pemeriksaan dalam (PD). Karena ngga kuat sama aktivitas yang aku lakukan di dalam mimpi, aku bangun dan langsung nge-check ponsel. *jam 5.30*

“Guys, cuma tinggal Titin yang belum bangun..” salah satu isi chat line yang udah puluhan notifikasinya. Masih belum terjaga sepenuhnya, masih scroll-scroll isi chat, “Ada kasus pembunuhan. PLPD mulai jam 06.30 WIB. Total ada 3, yang 1 udah pasti, yang 2 masih di RSA.”

*langsung bangun*

Tiga jenazah dilakukan Pemeriksaan Luar-Pemeriksaan Dalam (PL-PD), start dari pagi sampai siang ngga berhenti, bahkan waktu Jumatan pun ngga berhenti, bahkan rotasi substasenya sampai bisa kembali ke substase awal dalam sehari (saking akeh e). Selesai otopsi jenazah ketiga, langsung praktikum toksikologi di laboratorium forensik. Selesai praktikum jam 5 sore dan lanjut lagi garap visum et repertum. Belum selesai itu, udah ada kabar kalau ada kasus kecelakaan lalu lintas, dan jenazah udah di forensik, tinggal nungguin surat permintaan otopsi. Akhirnya jenazah baru bisa diotopsi jam 22.30 dan baru selesai hampir ganti hari. *mau pingsan rasanya, capek banget*

Waktu kasus kecelakaan lalu lintas diotopsi, aku cuma jadi tim laboratorium (kerjaannya ngambil sampel untuk diperiksa) dan karena ngga dilakukan PD jadi sampelnya darah aja, jadi nganggur banget. Terus ngelihatin korban kecelakaan itu, rasanya mau nangis. Ngga kebayang aja sakitnya ruh korban waktu dilakukan otopsi yang katanya ruh akan sangat kesakitan meskipun disentuh dengan kelembutan. Namanya juga otopsi pasti banyak orang yang melakukan pemeriksaan, yang nyentuh, yang mencet-mencet lebab di tubuh, apalagi kalau dilakukan PD, jenazah dibuka dada, perut dan kepalanya. Naudzubillaah.

Di perjalanan pulang tadi pun masih kepikiran (bahkan sampai ditulis di blog padahal udah ngantuk dan capek dan lemes dan pagi ini masih ada kuliah/biko). Yang namanya takdir mati ngga ada yang tau kapan dan gimana. Kalau kata mami, “kalau udah waktunya mati, bahkan cuma kejatuhan bolpoin aja bisa mati, atas seizin Allaah..” Tapi tentu kita semua ingin mati dalam kondisi yang baik, khusnul khotimah (aamiin). Dan ketika dihadapkan pada kenyataan harus melakukan otopsi kaya tadi, rasanya ngga tega aja. Selain kepikiran sakitnya ruh yang baru aja dilepaskan dari jasadnya oleh malaikat pencabut nyawa, juga kepikiran tentang kronologisnya. Korban pasti ngga tau kalau hari itu dia akan mati (who knows kan ya). Tetap berlaku seperti biasanya. Lalu tiba-tiba, udah ketemu malaikat, dan dia bisa melihat jasadnya sendiri, yang kalau kecelakaan bisa ngga sebaik kalau meninggal karena sakit (patah tulang, berdarah-darah, dsb). Keluarga yang melihat untuk terakhir kalinya juga pasti hancur berkeping-keping hatinya tau kondisi terakhir anggota keluarganya ngga dalam keadaan semestinya. Astaghfirullaah, naudzubillaah.

It’s freaking me out. :”( Selalu hati-hati (dan jaga hati) ya semuanya, sebelum bepergian jangan lupa berdoa, jangan ugal-ugalan, pakai pengaman, kalau pulang malam jangan sendirian, hindari keluar malam kalau ngga ada urusan, jangan sepelekan perkara kematian.

“Yaa Allaah jadikanlah sebaik-baiknya hari bagi hamba adalah ketika hamba kembali kepada-Mu, jadikanlah sebaik-baiknya aktivitas hamba adalah ketika hamba berpulang kepada-Mu, jadikanlah sebaik-baiknya penampilan hamba adalah ketika hamba menghadap-Mu, aamiin.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s