Pet Peeves

Setiap orang punya hal-hal yang ngga disukai yang menurut mereka sangat mengganggu, tapi mungkin bagi orang lain itu hal wajar atau b aja (read: biasa aja, bahasa gaul nih). Here are my pet peeves (which I can remember so far):

  1. Smoking in public area, with children or pregnant women around.
    Ngakunya sih pahlawan devisa negara, tapi ngga sadar kalau sendirinya juga pembunuh tunas-tunas bangsa. :)
  2. Orang meludah sembarangan.
    Or anything related to saliva. No, thank you.
    Dan apakah Anda tau kalau di dalam saliva itu ada banyak kuman? Dan sebagian kuman itu bisa ditularkan dengan percikan saliva – terbang bersama udara – terhirup oleh Anda – masuk ke paru-paru Anda – and congratulations, Anda terjangkit penyakit yang sama dengan orang yang meludah tadi.
  3. Gel/Pasta Gigi/Cream/Lotion yang dipencet sembarangan.
    Contoh: pasta gigi, kalau mau ngeluarin pastanya harusnya dipencet dari paling ujung, jauh dari lubang keluarnya. Ngga suka banget kalau pastanya dipencet di sembarang tempat, bikin ngga rapi dan banyak sisanya :(
  4. Mukena umum yang dilipat.
    Seharusnya mukena yang disediakan untuk umum itu dijemur/digantung. Bukan dilipat rapi terus dimasukin ke lemari. Soalnya pasti nanti bau, terutama di daerah kepala dan yang banyak bersinggungan dengan air. Baunya itu lho naudzubillah.
  5. Kaos kaki yang dipakai dalam keadaan kaki basah.
    Intinya sama, bikin bau. :)
  6. “Mbak, saya boleh duluan? Saya keburu-buru nih.”
    Namanya ngantri ya ngantri, mbak-mas. Sorry, no excuses.
  7. Parkir tapi ngga mikir.
    Sering banget kan ada pengendara kendaraan bermotor yang parkirnya ngga mikir, “ini bakal ngehalangin jalan orang ngga ya?” atau, “ini bakal bikin susah orang ngga ya?” Bikin jengkel banget orang-orang sembarangan gitu, apalagi yang bikin orang lain harus atret atau muter cari jalan lain karena doi parkirnya sembarangan. Duh.
  8. Mobil ngga mau ngalah sama motor waktu hujan.
    Assalamualaikum, kok jahat? Situ mah enak duduk di dalem mobil ngga kehujanan. Nah sini? Udah pakai mantol tetep kehujanan, kalau kaca helm ditutup jalanan ngga kelihatan, kalau kacanya dibuka bikin buta dan sakit muka kena air hujan, berusaha ngehindarin kubangan malah kecipratan air dari Trans Jogja. Se-kesel-itu.
  9. Bak mandi yang ngga diisi ulang.
    Tolong ya, kepekaan Anda harap berfungsi. Kalau habis pakai kamar mandi, nguras bak mandi cuma buat ciprat-cipratin badan, ya diisi lagi bak mandinya. Itu wujud perhatian dan pelayanan kita ke orang yang akan memakai fasilitas tersebut setelah kita. Coba kalau waktu Anda yang pakai kamar mandi, udah buang hajat tapi ngga ada air, pas krannya mati. Gimana rasanya? ;)
  10. Orang yang nglakson abang becak-sepeda/pesepeda tertib lalin.
    Mereka mengerahkan seluruh ATP yang mereka punya lho buat nggenjot, ngga kaya situ yang tinggal gas. ;)

Udah ah capek. Sebenernya masih ada lagi tapi males nginget-inget. Mungkin post ini akan bertambah besok-besok (haha!). Inti dari pet peeves saya ini sebenernya simple, pikirin orang lain. Mengisi bak mandi untuk orang lain itu wujud pelayanan kita terhadap orang lain. Holding a door for people behind us is the same. Holding an elevator door for people running towards it, letting the elders sit wherever we are, turning the music volume down when someone is talking/on a phone, saving your phone when having a conversation with someone in front of you, helping other people to get their motorcycle out of the crowded parking lot and all. Hal simpel yang mungkin saking simpelnya jadi diabaikan orang. But I’m that bitch who takes so much care of details, sorry I’m not sorry.

Karena saya ngga mau memaklumi ketika ada yang bersikap acuh tak acuh terhadap “memikirkan orang lain”. Karena awal mula terkikisnya etika dan tata krama adalah sikap maklum terhadap hal-hal yang menyimpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s