Kartini

COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Portret_van_Raden_Ajeng_Kartini_TMnr_10018776

Menurut saya, Kartini adalah jiwa pemberontak yang terperangkap di dalam tubuh seorang putri bangsawan yang hidup di zaman diskriminasi gender yang kental. Hanya saja, jiwa pemberontak (rebel) Kartini ini memberi dampak positif pada perempuan-perempuan di era setelahnya, emansipasi.

Coba kalau ke-rebel-an Kartini tidak memberi dampak baik pada kaum perempuan di era sekarang, pasti dia hanya akan dicap sebagai remaja labil yang tidak dapat menjaga nama baik keluarganya.

Sekarang, ketika perempuan sudah mendapatkan kebebasannya, adalah keharusan bagi mereka (kita) untuk mengupayakan segala bentuk ke-rebel-an mereka agar menjadi suatu hal yang positif atau berdampak baik pada orang lain.

Sebelumnya perlu kita pahami, bahwa ke-rebel-an Kartini ini pun memiliki batasan, yaitu kodrat. Kartini tidak menanggalkan kodratnya sebagai perempuan, anak, istri. Kartini tidak melarikan diri ketika diminta menikah oleh ayahnya. Kartini tidak meminta cerai dari suaminya, bahkan sampai bisa mengandung anak suaminya. Intinya, meskipun rebel, Kartini tetap menjalankan tugas sesuai dengan kodratnya. Mari kita berkaca pada era 2000-an.

“Seorang suami melarang istrinya menjadi artis, sang istri menolak dan memilih untuk pisah ranjang.”

Ilustrasi di atas menggambarkan tentang ke-rebel-an yang tidak berdampak positif pada siapapun, kecuali memberi makan ego pribadi. Assalamualaikum, halo? Melepaskan tanggungjawab dan lari dari kodratnya sebagai istri-ibu, dan mengejar ketenaran dengan berdalih pencapaian cita-cita/meniti karir. Begitu disebut emansipasi wanita? Eman-sih.

Ngono yo ngono tur yo ojo ngono. Emansipasi ya emansipasi, tapi tetap dikembalikan lagi ke diri, sesuai dengan kodrat atau tidak. Toh yang diberontakkan Kartini adalah memiliki hak pendidikan yang sama dengan pria. Bukan segala hal harus sama dengan pria. Lha kalau semuanya sama antara pria dan wanita, terus tupoksinya pria apa dong? ;)

photo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s