ANGKLUNG

Tim KKN UGM 2015 Unit KP-02 yang ditempatkan di Desa Kaliagung, Sentolo, Kulon Progo mengusung tema Kebersihan dan Sanitasi Lingkungan. Tim KKN KP-02 ini tidak meninggalkan unsur budaya dan kesenian dalam setiap program pengabdian kepada masyakarakat, meskipun tema yang dibawakan tentang kesehatan. Malam perpisahan KKN UGM 2015 Unit KP-02 diselenggarakan dengan sangat meriah di halaman Balai Desa Kaliagung. Kebudayaan dan kesenian yang sudah ada di Desa Kaliagung diberdayakan dan ditampilkan pada saat perisahan Tim KKN dengan warga Desa Kaliagung. Malam perpisahan ini menjadi program unit yang dikerjakan mulai dari hari pertama penerjunan ke lokasi KKN, 2 November 2015.

24e2cbbd2f88f016344b701a87c810cd

Nama acara malam perpisahan ini adalah ANGKLUNG, yang merupakan kependekan dari Ajang Kreasi Kaliagung. Antusiasme warga terhadap Acara ANGKLUNG ini sangat tinggi, yang dapat dirasakan oleh Tim KP-02 mulai dari proses persiapan hingga hari H acara. Seluruh penampil adalah warga Desa Kaliagung, yang sesuai dengan jargon “dari Kaliagung untuk Kaliagung”. Peserta pentas mencakup anak-anak hingga dewasa. Pentas ini pun dimeriahkan oleh tarian tradisional (Saman, kelas 1-6 SD), tarian kreasi baru (Cindai, SMK), teater Bahasa Jawa kelas 1-6 SD, drama musikal kelas 1-6 SD, kesenian hadroh (SD-Dewasa), dan beberapa band mulai dari tingkat SD hingga pemuda/karang taruna dari beberapa dusun. Sebenarnya Tim KP-02 hanya ditempatkan di 4 dusun dari total 12 dusun yang ada di Desa Kaliagung. Namun, dengan adanya acara ini seluruh desa dapat berpartisipasi dan sangat bersemangat untuk ikut terlibat.

IMG_1501.jpg

Animo warga Desa Kaliagung yang sangat tinggi itu sangat terlihat di hari H acara, dimana penonton membanjiri halaman Balai Desa Kaliagung, bahkan banyak warga yang tidak bisa masuk ke dalam halaman, dan terpaksa menonton dari luar pagar halaman balai.

ANGKLUNG diselenggarakan pada Rabu, 23 Desember 2015, yang juga dihadiri oleh Bu Camat Sentolo, Ir. Aspiyah, MSi.
IMG_7132DSC_0108

“Terima kasih kepada Tim KKN UGM 2015 Unit Sentolo atas kerja keras dan kerja cerdasnya hingga dapat terselenggara acara dari Kaliagung untuk Kaliagung ini. Baru kali ini ada tim KKN yang sukses menyelenggarakan acara semegah dan semeriah ini.”

Begitulah Ir. Aspiyah memuji Tim KKN KP-02 dalam kata sambutan beliau. Tidak hanya hadir sebagai tamu undangan, beliau juga turut serta dalam pembagian hadiah lomba-lomba yang diadakan Tim KKN KP-02 selama menjalankan program pengabdian, dan juga turut naik ke atas pentas untuk mengikuti flashmob (bergoyang) bersama warga Desa Kaliagung.

IMG_1608.jpg

Selain mengembangkan potensi warga melalui pelatihan dan asistensi kesenian dan kebudayaan, Tim KKN KP-02 juga berpartner dengan Country Development Action untuk membangkitkan kembali kesenian Jathilan Jawa di Desa Kaliagung. Country Development Action (CDA) adalah organisasi pemuda yang berkontribusi aktif dari sisi ide, finansial, dan eksekusi untuk pembangunan negara, sehingga membentuk generasi yang tidak pasif dan apatis terhadap usaha kemajuan bangsa.

Wujud nyata dari kepedulian Tim KP-02 dalam nguri-uri kabudayan Ngayogyakarta Hadiningrat adalah dengan memberikan 8 set (masing-masing 8 nada) angklung bambu berukir untuk inventaris Desa Kaliagung. Delapan set angklung ini diberikan secara simbolis oleh Ketua ANGKLUNG, Fajar Adhiprabawa kepada perwakilan perangkat pemerintahan desa, Bapak Sudarman. Malam perpisahan tersebut semakin terasa kebersamaannya ketika delapan set angklung tadi dipinjamkan ke warga yang menonton, kemudian bersama-sama memainkan lagu daerah. Gelak tawa penonton ketika salah membunyikan nada angklung, atau mendahului membunyikan angklung sebelum diberi aba-aba, memberi nada tersendiri di bawah langit tanpa mendung di Kaliagung. Tanpa adanya kepedulian terhadap budaya dan tanpa kepercayaan penuh terhadap Tim KP-02 dari Country Development Action, tidak akan ada angklung di dalam ANGKLUNG.

DSCF1266.JPG

Tim KP-02 juga menyoroti di bidang pendidikan, sehingga diadakan program Sekolah Sore, dengan membantu adik-adik kelas 1-6 SD di bidang akademik dan non-akademik (kesenian, yang kemudian dipentaskan di ANGKLUNG). Kepedulian Tim KP-02 terhadap pendidikan selaras dengan Toko Gunung Agung. Oleh karena itu, Tim KP-02 juga berpartner dengan Toko Gunung Agung dengan memberikan bingkisan hadiah kepada para pemenang berupa alat tulis dan tempatnya, buku, tas, pensil warna, spidol, dan segala keperluan sekolah. Selain itu, Toko Gunung Agung juga membagikan hadiah kepada siswa-siswi peserta Sekolah Sore, yang mendapatkan juara di sekolah masing-masing. Hadiah lomba tersebut dibagikan di Acara ANGKLUNG, yang sekaligus untuk melaporkan ke warga tentang segala program yang telah terlaksana di Desa Kaliagung, khususnya di Dusun Banyunganti Lor, Ngrandu, Tegowanu, dan Kleben. Selain itu, Tim KP-02 juga memberikan kenang-kenangan untuk Desa Kaliagung berupa 3 unit kipas angin, 2 gulung tikar 9 meter, dan 1 unit dispenser.

DSCF1176.JPGIMG_1537.jpgDSC_0147.JPG

Di akhir acara, Tim KP-02 mempersembahkan lagu Ipang – Sahabat Kecil, disusul dengan pelepasan lampion oleh warga Kaliagung, yang menambah keromantisan dan kehangatan malam perpisahan KKN dengan warga. Lampion melambangkan kebahagiaan. Pelepasan lampion merupakan simbol dari rasa bahagia kami, Tim KP-02, yang telah diterima sebagai keluarga oleh Desa Kaliagung, yang telah diberikan kesempatan berharga untuk dapat belajar, bekerja, dan tertawa bersama dengan warga. Dengan diterbangkannya lampion-lampion tersebut, terbang pula harapan kami supaya hubungan yang sudah baik terjalin antara Kaliagung dengan Universitas Gadjah Mada akan tetap baik terjalin, hubungan yang sudah terbangun akan tetap tersambung, hingga jarak dan waktu bukan lagi penghalang dari kebersamaan yang ada.

IMG_1643.jpg

Tanpa izin Allaah, tanpa dukungan penuh dari pemerintah Desa Kaliagung, tanpa semangat mengabdi dari Tim KP-02, tanpa partisipasi dan kerjasama Karang Taruna Tunas Harapan, tanpa antusiasme tinggi adik-adik Sekolah Sore dan seluruh warga Desa Kaliagung, tanpa kerjasama dan kepercayaan dari Country Development Action dan Toko Gunung Agung, segala rangkaian program pengabdian Tim KKN UGM 2015 Unit KP-02 tidak akan terlaksana sebaik ini.

Terima kasih kepada Mas Fian dan Mas Sigit dari PSP3, serta seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya segala program pengabdian dan khususnya Acara ANGKLUNG, yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

“Dari aku kecil sampai sebesar sekarang, baru ini ada Tim KKN yang bisa bikin acara semeriah ini, sebesar ini. Baru ini ada Tim KKN yang berhasil mengumpulkan warga Desa Kaliagung dan bisa menampilkan potensi-potensi yang dimiliki warga Desa Kaliagung. Pokoknya salut sama Tim KKN UGM 2015 Unit KP-02 ini. Sukses selalu!” – Mbak Nanik, warga.

“Bersamamu ku habiskan waktu,
senang bisa mengenal dirimu.
Rasanya semua begitu sempurna,
sayang untuk mengakhirinya.

Janganlah berganti, Kaliagung…”

Ipang – Sahabat Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s