Sahabat Nyeni

FullSizeRender 5

Kenal pertama sama Komang waktu PPSMB 2011, sekelompok. Pertama kali nyambung sama Komang ya ngobrolin tentang teater dan segala macam pementasan. Doi cerita tentang proses latihan dan pementasan di Bali, yang belum pernah ku alami selama berproses di Yogyakarta. Segala totalitas tanpa batas, persiapan yang matang, penjiwaan naskah, dan lain sebagainya.

Langsung membara dalam jiwa, “Harus bisa berproses sama orang ini.”

Komang orangnya koplak banget, ngga umum. Nekat tapi tau aturan, membela yang lemah tak bersalah. Orang paling nyeni yang pernah ada di FK UGM yang aku kenal.

Hmm, doi tenar duluan di FK (hahaha). Orangnya supel dan unik sih, jadi mudah diingat dan dikenal banyak orang. Begitu masuk FK langsung mengobrak-abrik divisi minat bakat, membuat pementasan yang belum pernah ada jenisnya di FK (agak lebay sih ini, tapi emmm emang bener sih. duh gimana ya? Hahaha). Dan kemudian doi kebanjiran orderan, setiap acara kesenian selalu Komang yang megang. Akhirnya bisa satu wadah sama Komang untuk pentas dan menggarap pementasan bareng.

Seru banget bisa bertukar ide sama orang yang sefrekuensi, sekali ngomong langsung ngerti mau digimanain pentas ini nanti. Ngga usah menjelaskan panjang-lebar, udah ngerti naskahnya mau diarahkan kemana, panggungnya dibikin gimana, lightingnya nyorot dari mana aja, make up-nya kaya apa, dan semuamuamuamuamuanya.

Orang yang serba bisa dan serba-mengusahakan-untuk-bisa. Orang yang selalu percaya sama kemampuan orang lain dan bisa mengembangkan potensi orang lain. Orang yang percaya sama segala kemungkinan baik di depan. Orang yang kehadirannya di hari H-1 dan H pementasan bikin aku tenang, meskipun H-3bulan dia kadang datang kadang menghilang.

FullSizeRender 4

Sahabat menggila di panggung, sahabat diskusi di meja konsep, sahabat tepuk tangan di barisan penonton.

Selamat kamu hebat, I Nyoman Adikarya Nugraha, S.Kep! Sukses terus, Mang! Jangan lupain upik abu satu ini. Kalau udah jadi perawat yang sukses (atau apapun itu), jangan lupa untuk terus bikin pementasan yang spektakuler (dan undang aku)! Kalau rindu berproses, ingat ada upik abu disini yang siap untuk jadi bakul gorengan di setiap pementasanmu. HAHAHA.

Suatu kebanggaan tersendiri bisa memanggilmu ‘sahabatku’. :”)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s