Injured by Stupidity

Beberapa menit yang lalu saya membantu partus di VK IGD. Sebenarnya bukan tugas saya sih, ini gilirannya Othy, saya jaga di VK. Tapi, karena di VK pasiennya cuma 1 dan aman sentosa, yaaaaaaa kabur aja ke IGD. Manikom, biasa :p

Serunya adalah saya ke IGD naik sepeda diboncengin Mba Rida (bidan VK), meskipun hampir jatoh gara-gara box resusitasi saya nabrak tiang -__- daaaan saya jadi koas resusitasi bayi, padahal baru stase obsgyn (biarin).

Nah, karena pada ribet dan ribut di VK, karena pasiennya mau dibantu dengan Vacuum Extraction (VE), saya diminta menyiapkan segala-gala yang kurang. Saya pun memasukkan lidocaine ke dalam spuit injeksi. Stupidly, I opened the lidocaine ampule without any protection and very careless, and it resulted this:

IMG_0836

That long! I didn’t feel anything, I didn’t even know that I was injured, if I didn’t see my thumb bleed. It was a mess. My blood was everywhere. And I asked Othy to continue what I was doing (thank you Othy). By the way, see that hyperpigmented (black) mark below my fresh wound? Yep, that’s because my stupidity too, when I opened the oxytocin ampule.

So, to minimize the victim of ampule breaking, I want to share about HOW TO BREAK A GLASS AMPULE. Before that, you need to know what ampule is. Here’s a picture:

haldol-02

And now, the steps:

  1. Check
    Pastikan semua cairan ada di bagian bawah, ngga ada yang tertinggal di bagian atas ampul. Kalau masih ada cairannya, disentil-sentil aja, atau diputer (bukan dibalik) ampulnya.
  2. Protect
    Cari tissue atau kassa untuk melindungi jari-jari kita yang unyu dari pecahan kaca yang (bisa saja) masih tersisa. I know how it feels.
  3. Place
    Pegang ampul dengan ibu jari dan telunjuk tangan kiri di bagian bawah ampul, dan tangan kanan di atas. Flexible sih, mau tangan kanan/kiri yang di atas, it’s up to you.
  4. Break
    Patahkan ampul dengan menggerakkan tangan kanan (yang di atas) ke arah kita. I know my mistake, I broke it by snapping not towards me.
  5. Done
    And it’s ready to be used.

spc~2489~24~IMAGE002-2

There you have it, a very easy way to break an ampule. Be safe! ;)

Leave a Reply

