Tri Mestikenthir

Saya punya dua orang sahabat sejak tahun pertama kuliah, mereka adalah Sondang dan Chandra. Awal bisa kenal sama mereka gara-gara perbedaan yang mencolok diantara kami bertiga, yang malah membuat kami jadi semakin dekat dan terikat sampai sekarang. Sondang dan Chandra yang selalu memenuhi hasrat ke-random-an saya, karena mereka juga orang-orang random, yang spontanitasnya tinggi. Sondang dan Chandra adalah dua sahabat saya yang punya nama laki-laki. Bahkan orang tua saya saja sampai terbelalak kaget hampir pingsan waktu saya cerita, “…nah waktu aku sama Sondang main di kosan Chandra, aku kan buka kerudung nih…”

Sondang dengan staminanya yang ngga pernah habis sepanjang hari, dengan kelaparannya yang muncul setiap lima menit sekali, dengan kebiasaannya yang harus buang hajat setiap pagi, dengan keingintahuannya yang tinggi, dengan temannya yang tersebar seantero kampus (miss popular). Sondang yang moody. Sondang yang takut dengan amarah Chandra, karena Sondang yang paling sering terlambat datang janjian. Sondang yang di luar terlihat jutek, cuek, ngga suka hal-hal romantis, ngga suka drama, ngga suka ribet, ternyata adalah Sondang yang lembut hatinya, yang selalu memperhatikan sahabat-sahabatnya meskipun ngga mau menunjukkannya, yang selalu menunjukkan rasa cinta dan kasihnya dengan perbuatan dan tanpa kata-kata.

Chandra dengan galaknya yang khas, sikapnya yang tegas dan disiplin, drama queen, dan segala kepeduliannya sama orang lain, dengan keinginannya untuk melakukan yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar, dengan kepeduliannya yang selalu bisa dirasakan oleh orang sekitaran, dengan attitude dia yang Jawa banget dan idaman semua orang tua, dengan segala hot tempered yang ngga terkontrolnya, dengan segala tingkah konyolnya. Chandra yang selalu ada untuk saya jadikan “tempat sampah” dari segala keluh kesah. Chandra yang bisa menghabiskan waktu 8 jam non stop ngobrol dengan saya, with so many random topics yang bahkan saya dan dia (sering) tidak memberi tanggapan atas cerita yang dilontarkan satu sama lain. Chandra yang mendedikasikan dirinya kepada keluarga. Chandra yang selalu marah dengan ketidak-on time-an saya dan Sodang. Chandra yang selalu kesal dengan ke-lamban-an saya dan Sondang dalam mengerjakan sesuatu. Chandra yang selalu menunjukkan kasih dan sayangnya dengan aksi tanpa basa-basi.

**

Kami berbeda. Diantara kami bertiga hanya saya yang beragama Islam, hanya saya yang manja, hanya saya yang paling banyak drama dan sinetron dan telenovela, hanya saya yang ngga suka di kedokteran, hanya saya yang sok princess, hanya saya yang penyakitan.

Tapi, mereka selalu melengkapi dan menutupi segala kekurangan. Salah satu contohnya: mereka yang sering mengingatkan saya sholat kalau kami sedang bersama. Sondang bahkan sampai menyediakan mukena dan sajadah di rumahnya, kalau sewaktu-waktu saya mampir dan numpang sholat. Begitu juga dengan Chandra.

Mereka yang mendukung saya untuk tetap tinggal, bertahan, berjuang, dan meneruskan di kedokteran. Mereka yang memotivasi saya, yang mengajari saya ketika buntu menghambat otak saya. Mereka yang senang dan bangga ketika saya lolos OSCE gelombang I, dan dapat lulus dan diwisuda bersama mereka. Mereka yang menyeleksi setiap pria yang dekat dengan saya. Mereka yang mengerti dan memahami saya luar dan dalam. I love them so much it hurts.

***

Sore ini (8/8/2015), saya sedang jaga bangsal bugenvil 1, (dari jam 6 sampai 18), yang pasiennya tiba-tiba banyak yang gawat. Baru capek-capeknya jaga, mereka datang untuk memberi kejutan, kado dan sesajen untuk saya (sosis panggang 2, es coklat classic 1). Segala capek, letih, lesu, lemah, lunglai, lapar langsung hilang!  Btw, yang bikin saya tambah bahagia adalah mereka ngga bawa lilin dan kue tart khas acara ulang tahunan. Ngga tau ya, tapi beda aja gitu rasanya, but it feels good, weird I know.

FullSizeRender 40

Well, sebenernya acara ini ngga murni dari mereka berdua sih, ada Aristo dan Akbar (my other two best friends). Yang bisa datang foto cuma Aristo, si Akbar baru ujian pasien (baru stase Interna). Thank you guys! AND I love them so so so much.

IMG_9125

Rasa lelah jaga bangsal Hari Sabtu langsung terhapus karena kedatangan mereka (read: sesajen). Thank you guys so much! I really love you guys! 💋

Leave a Reply

