Balikan

Never go back to your EX. It’s like reading the same book over & over again when you know how the story ends.

Well, that’s not completely true sih.

Buku itu saklek. Apa yang ada di dalamnya ngga bisa berubah, ya udah gitu aja, kecuali kalau ditipe-x terus dicoret-coret sendiri. Ya wajar kalau baca buku berulang-ulang kita bisa bosen, karena udah tau jalan ceritanya dan endingnya. Gitu-gitu aja kan. Karakter tokohnya juga gitu terus, mau dibaca ribuan kali juga ngga akan berubah.

Sedangkan manusia itu ngga ada yang saklek. Takdir aja bisa berubah, karena manusia itu berproses. Manusia bisa berubah seiring berjalannya waktu. Ketemu sama orang baru, dapat ilmu baru, cara pandang baru, pola berpikir baru, kemudian menciptakan keputusan-keputusan baru dan akhirnya menjadikannya pribadi baru. Ya itu manusia.

Bukan berarti melalui tulisan ini saya ngode-ngode pingin balikan sama mantan, tapi ya ngga terus antipati juga buat balikan sama mantan. It’s like, selow yaude siape aje. Poinnya adalah jangan melihat manusia sebagai makhluk yang statis, yang ngga bisa berpikir, yang ngga bisa berubah, yang dilihat dari masa lalunya. Lihatlah masa sekarangnya, effort dia untuk belajar, untuk berubah, dan perubahan itu sendiri.

Pengalaman bertemu-berpisah dengan individu lain (PDKT, pacaran-putus, pertunangan, pernikahan-perceraian, perselingkuhan, long distance relationship, HTS-an, TTM-an, kakak-adik-an, sahabat tapi elus-elus-an, atau apapun itu sebutannya), pasti akan berdampak pada cara pikir individu itu, keputusan yang dibuat, dan pribadi individu itu. Sekecil apapun itu pasti akan memberi dampak. Ya itulah proses, yang dialami semua manusia.

Ngerti kan maksud tulisan ini? Jadi, masih mikir kalau balikan sama mantan adalah sama dengan membaca buku lama, yang bakal  tau endingnya? :)

One thought on “Balikan

  1. Setuju mbak, manusia itu seiring berjalannya waktu berproses, jdi tidak bisa disamakan dengan cerita buku. Mengenai balikan baik atau engga serahkan sama Yang Mahaesa, kalau sudah qodarNya Allah akan menggerakan hati masing2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s