Keajaiban Mata

4454_1077627261063_4766618_n

Beberapa hari lalu, kelompok koas saya ada biko (bimbingan koas) dengan dr. Sagung Gede Indrawati, SpM. Materi yang disampaikan adalah overview anatomi mata dan penyakit-penyakitnya.

Diameter pupil itu cuma 3mm, tapi kita bisa melihat isi dunia dengan utuh, tidak hanya sebesar pupil kita. Itulah keajaiban mata. — dr.Sagung Gede Indrawati, SpM, 2015

Kalimat beliau tersebut mengejutkan saya, betapa kurang rasa syukur saya terhadap apa yang saya miliki dan yang bisa saya lihat. Bener juga, kalau kita hanya melihat dunia dan isinya sebesar 3mm sebagaimana cahaya yang masuk ke mata, betapa kita harus memutar kepala berkali-kali untuk bisa melihat segala sesuatu secara utuh. Allah Maha Besar!

Banyak manusia yang lupa bersyukur dan ngga memikirkan nikmat Allah hingga sedetail yang disampaikan dr.Sagung, termasuk saya sendiri. Dan karenanya, banyak orang menyepelekan gejala-gejala yang dirasakan pada mata. Pasti denial, “ah paling cuma capek.” atau, “ah besok juga sembuh sendiri.” atau, “ah nanti deh kalau udah beneran parah, ini kayanya cuma perasaan aku aja.”

Hasilnya? Orang-orang datang ke dokter sudah terlambat, kasus matanya sudah parah. Padahal yang namanya mata, kalau udah sakit sedikit, susah untuk kembali seperti sediakala. Organnya kan kecil banget. Hati kamu yang ukurannya lebih besar dari mata aja kalau udah sakit dan terluka ngga bisa pulih seperti sebelumnya, apalagi mata. Dan proses penyembuhannya pun butuh ketelatenan dan kesabaran, prosesnya panjang. Sama kaya hati kamu, yang butuh waktu lama untuk move on. ;)

Yuk kita bersyukur! Dengan cara periksakan mata secara rutin, atau kalau ada gejala langsung periksa ke dokter. Ngga ada salahnya kok berhati-hati. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? :D

Leave a Reply

