Done Compre, DONE!

Ujian yang ditunggu-tunggu semua mahasiswa kedokteran tingkat akhir (untuk segera selesai) adalah OSCE COMPRE (Objective Structured Clinical Examination Comprehensive) alias ujian keterampilan klinis dari tahun pertama sampai tahun ke-empat kuliah di kedokteran. Stase ujiannya mungkin cuma sedikit, cuma 8. Tapi teorinya… bbbbee uh.

Jadi, di kedokteran ada ujian keterampilan klinis yang diselenggarakan oleh Skills Laboratory. Di lab itu kita dilatih untuk menjadi dokter yang baik dan benar dan yang lege artis (dicari sendiri ya artinya :p). Ujiannya bukan tertulis, melainkan praktek. Ada sih nulisnya….. nulis resep sama rekam medis .___.

Yang dinilai adalah keterampilan komunikasi (dengan pasien simulasi aka probandus) sampai ke keterampilan melakukan tindakan (dengan manekin). Ada beberapa stase yang diujikan setiap tahunnya, di akhir semester genap dan biasanya ngambil waktu liburan semester. That’s why setiap lebaran pasti saudara-saudara heran kalau saya kemana-mana nenteng buku catetan atau buku materi OSCE, atau setiap diajakin liburan pasti ngga bisa. yakarenaadaosceinihuftness.

Ujiannya kaya acara TV “Akhirnya Datang Juga”. Masuk ruang ujian, dikasih waktu (antara 5-20 menit, tergantung stasenya), membaca skenario singkat, aaaaand action! Pura-pura jadi dokter di klinik dan mulai beracting. Berusaha mendiagnosis keluhan pasien simulasi (yang diperankan oleh staff), melakukan pemeriksaan, memberi terapi. Atau stase bedah minor, disuruh operasi mengangkat kutil, atau lipoma. Etc, etc, etc.

OSCE COMPRE ini penentu kloter koass/dokter muda (kalau di UGM sih, denger-denger di UNAIR ngga kaya gini sistemnya). Kalau lulus semua stase bisa masuk koas gelombang satu. Nah, biasanya temen-temen paniknya karena udah ada target mau koas gelombang satu (yang insya Allah akan dimulai bulan Maret 2015). Belajar setiap hari, mulai dari burung bernyanyi sampai udah digantikan jangkrik di malam hari. Mau pergi main, merasa bersalah. Ngga main kok ya pingin. Mau tidur siang, merasa waktu banyak kebuang. Ngga tidur siang kok ngga fokus belajarnya. Mau nulis blog, merasa berdosa. Ngga nulis blog, nanti ada yang kangen (eh?!). Ya gitu deh, ujian di tengah liburan, selalu merasa bersalah kalau melakukan hal selain belajar #hazeg.

TAPI UDAH KELAR DONG OSCE COMPRENYA, 22 JANUARI 2015, YEAY!*

PSX_20150201_004255[1] PSX_20150201_004455[1]

PSX_20150201_005917[1]

*masih nungguin pengumuman lulus atau ngga sih ._____.

Tapi rasanya udah lega dan plong aja gitu. Kaya habis makan permen Gofress, nafasnya plong kaya ngga ada saringannya. Selepas ujian rasanya kaya Syahrini yang tiduran di Sappada Mountain (I‘m feel free). Entah sehancur apapun waktu di ruang ujian, rasanya udah ngga ada beban aja. Toh kalau udah kelar ujiannya kita bisa apa selain doa, kan? Ya, semoga hari pengumuman OSCE COMPRE 2015 adalah hari yang indah dan membahagiakan, aamiin. :)

Semangat, PD2011!

One thought on “Done Compre, DONE!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s