Akun Palsu Pakai Nama Lembaga Resmi?

Selamat datang Gadjah Mada Muda!

<span style=
PPSMB Palapa 2014 Universitas Gadjah Mada Yogyakarta


Gambar di atas dibentuk oleh seluruh mahasiswa baru yang menjalani OSPEK di Universitas Gadjah Mada 2014 lho. Keren kan? ;)

Anyway! Semester baru, adik kelas baru, tapi status masih sama aja kaya tahun lalu. Hahaha ngga apa-apa. Mending kita ngomongin hal baru yang lagi hits banget di Kampus Biru, adalah akun-akun palsu di media sosial Instagram (IG) yang isinya bidadari dan bidadara (?). Lahan banget buat para jomblo yang dikejar-kejar umur :p (wait, that sounds familiar).

*benerin kerah*

Jadi, sekarang lagi pada ramai ngebahas akun-akun palsu yang mengunggah foto milik mahasiswa/i yang kecantikan dan kegantengannya melebihi ambang batas nalar manusia. Sebenernya ada juga akun yang bawa nama Indonesia, tapi ngga begitu ngehits di kalangan mahasiswa, mungkin karena ngga bersinggungan langsung dengan kehidupan perkuliahan kali ya (dan aslinya saya ngga begitu tertarik untuk ngebahas itu sih). Entah siapa yang mulai duluan, yang jelas akun-akun palsu tersebut membawa nama lembaga perguruan tinggi. Akun-akun tersebut bukan paparazzi yang mengunggah foto hasil ‘hunting’ mereka, melainkan mengambil foto dari akun IG resmi milik para mahasiswa/i yang bersangkutan.

Kemudian pertanyaan yang muncul adalah: Bolehkah menggunakan nama lembaga resmi untuk akun palsu di sosial media?

Saya ngga tau pasti jawabannya, makanya saya tanya (hahaha). Kalau boleh jujur ya, call me old fashioned, saya ngga setuju dengan akun palsu yang membawa nama lembaga resmi, terlebih lagi lembaga pendidikan. Walaupun saya yakin ngga ada diantara admin akun-akun itu yang memiliki niat buruk terhadap suatu lembaga (terlebih lagi jika mereka berada di lembaga tersebut), dan sebenarnya not a big deal juga sih, toh mereka cuma bersenang-senang dan memanfaatkan waktu luang (?). Tapi, kalau menurut saya nama lembaga pendidikan ngga cocok untuk dijadikan bahan bersenang-senang.

Saya mendapati ada akun IG yang membawa nama UGM, menjawab pertanyaan dari sesama akun palsu dengan pemilihan kata yang kurang tepat (via ask.fm). Mungkin karena tersulut emosi si penanya ya, soalnya yang nanya juga keterlaluan sih.

Bahkan, lebih parahnya lagi, admin dari akun yang membawa nama UGM tadi menceritakan kalau dia sampai diteror oleh akun palsu lain yang mengaku dosen salah satu fakultas (sadly ngakunya dari Fakultas Kedokteran, hiks), intinya minta untuk aktivitas mengunggah foto dari mahasiswa/i tersebut dihentikan. Sebenarnya, menurut saya pribadi, kalau masalah mengunggah foto itu terserah pemilik fotonya, yang menjadi sorotan saya pada tulisan ini adalah nama lembaganya, nama UGM-nya.

Dari situ, terkesan kegiatan bersenang-senang tersebut mencoreng nama baik UGM dan fakultas yang dibawa-bawa. Ngga tau ya, mungkin saya yang terlalu lebay memikirkan nama baik UGM dan fakultas, padahal yang dipikirin santai-santai aja (hiks). Tapi, hati saya masih belum bisa legowo dengan penggunaan nama lembaga, khususnya UGM, untuk kepentingan bersenang-senang tadi.

Saya sudah coba melihat dari sudut pandang admin akun palsu, tapi saya belum bisa menemukan manfaat dari dibuatnya akun itu selain ‘mendapat popularitas’. Mungkin, jika akun itu tidak hanya mengunggah kecantikan dan kegantengan, tapi juga mengunggah prestasi dari mahasiswa-mahasiswinya akan lebih bisa diterima. Karena, toh, cantik itu bukan prestasi. Pretty face is a gift from your God. Tapi ya, zaman sudah beda sih ya. Hahahahahahaha.

Mohon maaf lahir dan batin untuk semua admin akun palsu yang secara ngga sengaja membaca tulisan ini. Mungkin admin-admin yang punya banyak waktu luang bisa bantu saya menjawab pertanyaan di atas. ;)

*sungkem*

Photo

One thought on “Akun Palsu Pakai Nama Lembaga Resmi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s