Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Malam penuh takbir dengan iringan genderang dan suara petasan. Bau sedap opor ayam berhamburan ke permukaan memberi aroma khas pada suasana lebaran. Udara dingin tetap terkalahkan dengan hangatnya kumpul keluarga dan rasa kebersamaan. Saling memaafkan, baik secara lisan maupun tulisan. Malam hari raya memang menyajikan suasana yang indah, megah dan meriah.

Semarak perayaan malam spesial ini bertebaran di berbagai social media. Kalimat yang biasa diucapkan pada Hari Raya Idul Fitri adalah “Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin“.

Kebanyakan dari kita mungkin belum tau maksud dari kalimat bercetak miring di atas. Tergelitik untuk sekadar berbagi pengetahuan, maka jadilah tulisan ini.

Ngga ada salahnya, memang, memberi ucapan selamat hari raya pakai bahasa yang lain dari bahasa keseharian, supaya ngga mainstream mungkin. Tapi alangkah baiknya kalau kita paham cara penulisan dan maksudnya. Menurut beberapa sumber, kalimat “minal aidzin wal faidzin” bentuk aslinya dalam tulisan Arab adalah:

مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

Jadi, penulisan dalam ejaan Bahasa Indonesia seharusnya adalah minal ‘aidin wal faizin.

Sedangkan mengenai arti dari kalimat tersebut menurut Quraish Shihab dalam bukunya Lentera Hati, minal ‘aidin wal faizin bermakna:

(semoga Allah menjadikan kita) bagian dari orang-orang yang kembali (kepada ketaqwaan/kesucian) dan orang-orang yang menang (dari melawan hawa nafsu dan memperoleh ridha Allah).

Jadi, minal ‘aidin wal faizin tidak sama dengan ‘mohon maaf lahir dan batin’.

Sekian, semoga bermanfaat.

Semoga kita masih bisa bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri tahun depan. Allahuma aamiin. Selamat bertakbir!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s